Jamaah Tabligh, Bergerak dan Mengajak Bergerak

Oleh M Dahlan

“ Aye Masalmo ! Masalmo bano yang artinya adalah ‘’ Wahai kaum muslimin Jadilah muslim yang kaffah” Syaikh Maulana Muhammad Yusuf Ilyas Al Kandahlawi

 Berita9.com- Gerakan keagamaan ini bertujuan mengembalikan ajaran Islam kepada Ash Sholahnya, yaitu kembali kepada nilai – nilai Al – Qur’an dan Al – Hadist

Adapun nama jama’ah tabligh merupakam sebutan bagi mereka yang sering menyampaikan dakwah dan nasehat – nasehat yang baik, pada hakikatnya usaha  yang dilakukan oleh jama’ah ini tidak mempunyai nama tetapi cukup dengan nama Islam dan tidak ada yang lain.

 

Bahkan pendiri gerakan keagamaan ini yaitu Syaikh Maulana Muhammad Yusuf Ilyas Al Kandahlawi mengatakan seandainya aku namakan gerakan ini dengan sebuah nama,maka aku menamakannya dengan gerakan iman.

 

Ilham yang ia dapatkan untuk mengabdikan hidupnya total untuk berkhidmah dengan dakwah dan memberi nasehat kepada umat terjadi ketika beliau melangsukan ibadah haji du Hijaz (Makkah – Madinah,sekarang)pada tahun 1926,dimana beliau menyerukan sebuah slogan dalam bahasa urdu (bahasa ibu beliau) “ Aye Masalmo ! Masalmo bano yang artinya adalah ‘’ Wahai kaum muslimin Jadilah muslim yang kaffah (yang melaksanakan nilai – nilai Islam secara keseluruhan ) dan Jama’ah ini adalah gerakan keagamaan yang tidak memandang asal – usul mazhab atau aliran para pengikutnya.

 

Dalam waktu kurang dari dua dekade , Jama’ah ini berkembang pesat dikawasan Asia Selatan yaitu di India dan sekitarnya. Dengan dipimpin oleh putra pendiri gerakan ini yaitu Maulana Yusuf sebagai amir atau  pemimpin, dimana beliau mengembangkan aktivitas gerakan ini pada tahun 1946.

 

Penyebaran gerakan ini telah mencapai kawasan Asia Barat, Asia Tenggara, Afrika, Eropa  dan Amerika Utara. Sekali terbentuk disuatu negara, Jama’ah ini membaur dan mudah berinteraksi dengan masyarakat lokal, Meski negara barat  yang pertama yang dapat dijangkau mereka adalah Amerika Serikat, namun perkembangan mereka banyak dan terfokus dikawasan Britania Raya, dengan mengacu pada populasi jumlah imigran Asia Selatan yang menetap dan tinggal disana pada sekitar tahun 1960 dan tahun 1970 an.

 

Pada tahun 1978,Liga muslim dunia memberikan donasi pembangunan Masjid Tabligh di Dewbury,Inggris yang dikemudian hari masjid ini menjadi markas besar Jama’ah Tabligh dikawasan Eropa sedangkan pimpinan mereka disebut dengan Amir atau Zamidaar atau Zumindaar.

 

*Penulis adalah pemerhati kebudayaan Timur Tengah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: