Ijtima Bangladesh dihadiri lebih dari 3 juta umat islam

Lebih dari satu juta orang berkumpul di tepian sungai di Bangladesh pada hari Jumat (11/1/2013) untuk melaksanakan shalat bersama dan mendengarkan ceramah, sebagai awal pertemuan besar tahunan kelompok Jamaah Tabligh.

Jalan-jalan di ibukota Dhaka dipenuhi orang yang menuju tempat pertemuan ditepian Sungai Turaq di Tonggi, sekitar 40 kilometer arah utara ibukota, tempat di mana Biswa Ijtima dilaksanakan selama tiga hari.

Menurut salah satu panitia penyelenggara, Nurul Islam, kanopi telah dipasang panitia sepanjang satu kilometer yang ditancapkan di tempat terbuka di tepian sungai. Tempat itu setiap jam kedatangan puluhan ribu orang.

“Sudah ada lebih dari satu juta orang jamaah yang tiba di sini, tapi kami harap seperti tahun lalu, jumlahnya akan melebihi dua juta saat acara terakhir shalat hari pada Ahad,” kutip Emirat247.

Pihak terkait menyediakan kereta-kereta dan kapal feri khusus untuk mengangkut jutaan orang itu. Bahkan tenaga teknisi dari lingkungan militer ikut membantu pendirian jembatan dan penampung air.

“Sekitar 30.000 orang asing dari lebih 100 negara juga ikut serta dalam pertemuan ini,” kata Nurul Islam.

Anggota Jamaah Tabligh yang datang dari berbagai daerah di Bangladesh dan berbagai negara itu tidur di tempat pertemuan tersebut dalam kondisi suhu dingin. Beberapa hari terakhir Bangladesh mengalami musim dingin paling dingin sejak negara itu melepaskan diri dari Pakistan pada tahun 1971.

Jamaah Tabligh adalah sebuah organisasi non-politik yang mengajak orang menjalani kehidupan sehari-hari sesuai syariat Islam yang didirikan pada tahun 1964. Pertemuan terbesar mereka setiap tahun selalu diadakan di tempat yang sama di Bangladesh, negara dengan penduduk 152 juta yang hampir 90% di antaranya adalah Muslim. Biswa Ijtima Jamaah Tabligh ini diyakini sebagai pertemuan tahunan Muslim terbesar kedua setelah haji.

Tahap kedua pertemuan tahunan Jamaah Tabligh, yang juga berlangung selama 3 hari, akan dimulai pada tanggal 18 Januari besok.*

Satu Tanggapan

  1. afwan, jamaah yang menyampaikan agama bukan organisasi non-politik tetapi kerja dakwah dan tabligh adalah amal shalih setiap umat islam yang mau mengikuti nabi-NYa seperti yang diperintahkan ALLAH SWT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: