Pemerintah Sri Langka Usir Jamaah Luar Negeri

CYBER SABILI-KOLOMBO: Pemerintah Sri Lanka telah memerintahkan 161 anggota Jemaah Tabligh dari luar negeri yang melakukan serangkaian khutbah-khutbah di wilayah-wilayah muslim, untuk meninggalkan negara itu, karena melanggar peraturan visa Srilangka, kata seorang pejabat, Ahad (22/1).

Pejabat pengawas dari Imigrasi dan Emigrasi, Chulananda Perera mengatakan bahwa para da’i, yang kebanyakan berasal dari Pakistan, Bangladesh, India, Maladewa dan Arab, telah melakukan perjalanan ke negara itu dengan visa turis.

“Kami telah memerintahkan mereka untuk meninggalkan negara ini pada 31 Januari. Mereka telah melanggar hukum imigrasi. Sebuah visa turis hanya boleh digunakan untuk berliburan atau mengunjungi keluarga, bukan untuk berkhutbah dan berdakwah agama Islam, “kata Perera kepada AFP.

Dia mengatakan kelompok dakwah, yang termasuk dalam kelompok Jama’ah Tabligh ini,tiba di Sri Lanka bulan lalu dalam sekelompok kecil.

Perera mengatakan ia melakukan tindakan seperti ini setelah datang beberapa keluhan dari komunitas masyarakat Muslim Moderat, yang mengadu bahwa para Jemaah Tabligh menyampaikan supaya tidak mempratekan Islam moderat di negara yang mayoritas penduduknya beragama Buddha.

“Para da’i asing yang ingin mendakwahkan Islam di Sri Lanka, terlebih dahulu harus mengajukan permohonan untuk izin melalui otoritas urusan agama,” kata Perera.

Pada bulan Januari, Sri Lanka meluncurkan sistem aplikasi online-visa, dan visa on arrival selama satu bulan untuk orang asing pada saat kedatangan di airport, kecuali Maldivians dan Singapura. Akan tetapi visa ini hanya digunakan untuk berlibur dan kunjungan bukan untuk kegiatan keagamaan.

Komunitas Masyarakat Islam Moderat yang menentang jemaah Tabligh, ingin mempratekan Islam moderat, sedangkan Jemaah Tabligh mengajak kepada seluruh umat Islam agar mau mengamalkan Islam sesuai dengan cara yang sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw..

Jama’ah Tabligh adalah jamaah Islam yang sumber utamanya adalah Al-Qur’an dan Sunnah. Sedangkan tariqatnya Ahlussunnah wa al-Jama’ah. Secara umum, dakwah mereka telah tersebar di sebagian besar negara-negara Eropa, Amerika, Asia dan Afrika. Mereka memiliki semangat tinggi serta tidak mengenal lelah dalam berdakwah di Eropa dan Amerika.

Jemaah Tabligh sudah dimulai sejak tahun 1928 di India. Jemaah ini pertama kali dicetuskan oleh Syaikh Maulana Ilyas. Beliau adalah salah satu ulama lulusan madrasa terlama dan terkenal di India, Darul Ulum Deoband. Setelah lulus Beliau sangat risau pada keadaan umat Islam yang pada saat itu jauh dari ajaran Islam. Sehingga dengan kerisauannya Allah SWT buka hatinya untuk memulai usaha dawah dan tabligh. (Al,AR/AFP)

Satu Tanggapan

  1. insyaAllah jadi asbab hidayah. tidak ada yang sia-sia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: