Fatwa Mufti Al Azhar Tentang Khuruj 3 Hari, 40 Hari atau 4 Bulan

http://new.republika.co.id/node/100887

Fatwa Al-Azhar

Hukum Bepergian untuk Berdakwah (Khuruj) ala Jamaah Tablig

Rabu, 13 Januari 2010, 13:10 WIB

Pertanyaan

Apa hukum khuruj atau bepergian untuk berdakwah yang dilakukan oleh kelompok Jamaah Tablig? Apakah perbuatan itu termasuk bid’ah?

Jawaban
Mufti Agung Prof. Dr. Ali Jum’ah Muhammad

Khuruj yang dilakukan oleh Jamaah Tablig adalah perbuatan yang boleh dilakukan bagi orang yang mampu untuk berdakwah dengan sikap lembut, penuh hikmah, dan mampu memberi nasihat dengan baik serta bersikap ramah dan sopan kepada orang-orang. Selain itu, orang tersebut juga harus mengetahui dengan baik apa yang dia sampaikan kepada orang-orang, tidak menelantarkan keluarganya dan orang-orang yang menjadi tanggung jawabnya.

Adapun penetapan masa khuruj selama 4 hari, 40 hari dan lain sebagainya, hanyalah merupakan masalah teknis murni yang tidak ada hubungannya dengan masalah bid’ah. Ini selama pelakunya tidak meyakini bahwa penetapan jumlah hari itu adalah sesuatu yang disyariatkan.

Wallahu subhânahu wa ta’âlâ a’lam

7 Tanggapan

  1. syukron Mufti Agung Prof. Dr. Ali Jum’ah Muhammad atas penjelasannya karena selama ini banyak orang yang ilmunya dangkal memvonis buruk usaha dkwah.

    • saya sependapat keluar Khuruj fisabillilah tsb adalah sesuatu metode tekhnik proses islah diri /iman kita .di misalkan kita membeli sepasang/seekor burung merpati dipasar burung .lalu kita bawa kita masuk kan kedalam kandang burung merpati selama 3 / beberapa hari lalu kita kasih makan dan minum maka setelah kita buka pintu kandang tsb tentu burung2 merpati tsb sudah akrab dan merasa nyaman dgn kandang tsb. setalah itu maka burung2 tsb akan balik lagi menuju kandang yag tadinya burung2 tsb tdk kenal kandang2nya demikian pula jemaah Tablieq mempunyai metode yg sangat jitu proses utk mengajak umat islam yg tadinya mereka tdk akrab dan hampir tdk pernah utk mendatangi Mesjid2 utk sholat berjemaah .dengan asbab pengprbanan waktunya utk islah iman selama 3 hari atau lebih secara istiqomah menjalan kan ibadah dengan Sholat fardhunya tepat 5 waktu selama 3 hari berturut2 di Mesjid maka mereka merasa nyaman dan merasakan sakinah dgn istiqomahnya ber ibadah tanpa tertinggal Takqbiratull ula maka setelah selesai menjalani proses 3 hari itiqaf di mesjid tsb setelah balik kerumah maka setiap panggilan Allah lewat muazin maka bergegaslah mereka2 untuk menyembah Allah menuju mesjid dimana mereka berada ini telah banyak terbukti termasuk diri saya dan anak2 lelaki saya yg pernah keluar 3 hari tsb .sehingga Allah berikan kekuatan utk melaksanakan ibadah Sholat dan ibadah2 lainnya.Terima kasih ya Allah engkau telah pertemukan kami dgn hamba2 mu yg dengan ikhlas tanpa meminta balas jasa dan pamrih utk mengajak sesama saudara muslimnya utk bertakwa kepada Mu Ya Allah . semoga org2 yg mengajak utk bertaqwa kpd mu menjadi golongan2 org yg mendpt petunjuk mu sesuai Firman Mu di dlm Al Quran surat yasin 21.SELAMAT BERJUANG WAHAI WALI2 ALLAH DAN PENGIKUT ROSULLYLAH PENERUS RISAUNYA RASULLULAH UTK AGAMA DAN UMAT NYA SEMOGA MENDAPAT RIDHO ALLAH SWT, AMIN. . .AMIN. . .AMIN YA ROBBULLALAMIN

  2. jazakallah khair

  3. Insyaallah saya niat 4 bulan..

  4. 4 bulan Insya Allah

  5. insyaAllah 4 bulan jalan kaki

  6. Insya Allah seumur hidup

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: