Ijtima’ Tonggi 2010 Dihadiri Lebih dari 3 Juta Orang

Sekitar 3 juta umat Islam pada hari Ahad kemarin (24/1) mengakhiri “muktamar umat Islam dunia” di tepi sungai Turag kota Tongi, 20 km sebelah utara ibukota Dakha Bangladesh dan acara mukatamar ini merupakan pertemuan umat Islam terbesar kedua di dunia setelah ibadah Haji.

Acara muktamar yang diselenggarakan oleh Jamaah Tabligh ini, memfokuskan pada ceramah-ceramah agama (atau diistilahkan dengan “bayan” oleh Jamaah Tabligh) yang mengajak umat Islam untuk menjalankan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari mereka, melaksanakan sholat, bermuhasabah dan mendiskusikan isu-isu yang menitik beratkan pada dimensi spiritual Islam serta mencari jalan keluarnya dengan cara berdakwah menyebarkan nilai-nilai Islam dan mengkampanyekan perdamaian dunia tanpa membicarakan hal-hal yang berbau politik.

Muktamar umat Islam dunia atau lebih dikenal dikalangan Jamaah tabligh dengan istilah “Ijtima’ Dunia” dalam bahasa Bangladesh disebut “Bishwa Ijtima”, merupakan acara tahunan rutin dari rangkaian program kegiatan dakwah Jamaah Tabligh.

Bishwa Ijtima dilaporkan pertama kali diadakan pada tahun 1966 atas prakarsa seorang ulama India yang juga merupakan konseptor Jamaah Tabligh – Syaikh Maulana Ilyas. Awalnya Syaikh Maulana Ilyas memulai kegiatan Bishwa Ijtima dengan sekelompok kecil masyarakat Muslim yang peduli dengan umat Islam dan berkumpul di sebuah masjid di Tongi dan atas usaha dakwahnya, saat ini Bishwa Ijtima bisa dihadiri oleh jutaan umat Islam yang datang dari seluruh dunia dan dalam beberapa tahun terakhir Ijtima tersebut menjadi pertemuan umat Islam dunia terbesar kedua setelah ibadah Haji.

Selama empat puluh tahun lebih, Tongi telah menjadi lokasi tempat berlangsungnya acara Ijtima, meskipun acara sejenis diselenggarakan juga pada skala yang lebih kecil di negara-negara lain.

Acara pertemuan Jamaah Tabligh seluruh dunia ini dimulai pada hari Kamis lalu (22/1) selama 3 hari berturut-turut dan berakhir pada hari Ahad kemarin (24/1), beberapa tokoh penting tampak hadir dalam acara ini termasuk Perdana Mentri Bangladesh Sheikh Hasina dan salah seorang pemimpin oposisi Bangladesh, Khalida Zia.

Program Ijtima berakhir ditandai dengan acara “Akheri Munajat” atau doa terakhir yang dipimpin oleh seorang Ulama Jamaah Tabligh. Untuk Ijtima kali ini, sempat terjadi insiden dengan wafatnya 3 orang peserta pada pagi hari pada hari terakhir acara.(fq/iol)

14 Tanggapan

  1. tolong doakan sy dan suami agar bisa kuat seperti saudara dalam dakwah

    • ketika Rasulullah mengatakan pada Sitti Fatimah Azzahra bahwa cucu kesayangannya Hasan dan Husein akan di racun dan dipenggal lehernya oleh kafirin, maka spontan sitti Fatimah menangis seraya berkata, ya Rasulullah berdoalah agar hal ini tdk akan terjadi pada anak anakku, maka Rasulullah bersabda, hai Fatimah sesungguhnya aku bukan hanya mendoakan diri dan keluarga serta keturunanku tapi saya mendoakan seluruh ummat agar terhindar dari azab jahanna dan tdk terkecuali semua masuk kedalam Jannah, maka kewajiban kita untuk mendoakan semua ummat hari ini yang ada diatas bumi maupun yang sudah mati dan dengan cara usaha yang telah berhasil yg dibawa para sahabat yaitu, buat makami dan intikali dengan istikamah dan mujahadah, insya Allah terbuka pintu hidayah untuk ummat seluruh Alam amin ya Robbal Alamin, salam buat haji Emon, salam dari masturah saya Wassalam

  2. hantar kami k seluruh alam ya Allah. Amin

  3. biar punya ilmu segudang,satu truck jika tdk ikut keluar dijalan Allah tdk akan mendapat kan pemahaman hakekat iman pada zaman ini banyak org2 yg mengaku ber ilmu tapi tdk mendapatkan pemahaman hakekat iman dari Allah swt sebaliknya banyak jua orang yg tdk berilmu tinggi tapi. mereka mau menyambut usaha atas agama KHURUJ FISABILLILAH maka mereka mendapat hakekat Iman dari Allah swt IKUTILAH ORANG2 YG TDK MEMINTA UPAH DAN BALASAN DARI MU MEREKA ADALAH ORANG2 YG MENDAPAT PETUNJUK. surat Yasin 21

  4. pd hari ini kelompok firqoh yg merasa paling benar tauhid nya tapi takut untuk keluar dijalan Allah kerjany hanya menyalah nyalah kan dan memaki2 saudara muslim yg tdk mengikuti kajian kelompok firqohnya .dianggapnya ahli bid ah semua udah kayak kelompoknya aja yg menentukan orng masuk surga atau tdk nya masuk sorga .(biasa deh semua kecap no.1 semua kagak ada yg no.16 .kerrjanya cuma memprotes aja terhadap sesama sdr Muslim yg diluar Klompok kajian nya. SEKALIAN AJA BIKIN FIRQOH ISLAM PROTESTAN atau EIRQOH SALIVI

  5. kirim kami ya Allah keseluruh penjuru dunia…dan panggil kami saat kami berda’wah….amiiiiiinnn

  6. Ya Allah mulyakan org yg sedang keluar dijalan Allah,mudah-mudahkan menjadi asbab hidayah diseluruh alam.
    doakan keluarga kami khuruj keseluruh dunia, amiiinnn

  7. Mohon info.. ijtima 2010 di Indonesia khususnya pulau jawa kapan ya? apakah masih di BSD?

  8. Agama bisa wujud dan tersebar keseluruh alam hanya dengan pengorbanan dan mujahada seperti para sahabat ra.hum, ya……ALLAH pilih diri saya dan harta saya untuk agamamu….amin.

  9. doakan saya yg saat ini lemah dalam iman.banyak kenangan indah saat keluar jamaah tablig selama 4 bln.ya ALLAH tidak tahu kapan lagi sy bisa kmbli lg ke jlnmu……….

  10. Ya Allah , aku ingin seperti kehidupan sahabat nabi yang mencintai akherat. Dunia hanya dalam genggaman tdk bercokol dalam hati

  11. ya Allah jadikanlah gerakan da’wah ini merubah umat kembali kepada Mu Ya Allah.

  12. ALHAMDULILLAH ALA NIKMATIL IMAN WAL ISLAM
    YA ALLAH….JADIKAN DA’WAH MAKSUD HIDUP KAMI….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: