Isu Terorisme Mendorong Orang Masuk Islam

Isu terorisme yang dikaitkan dengan Islam, memunculkan efek tersendiri di Belanda. Orang-orang Belanda malah penasaran dan akhirnya memeluk Islam. Salah satunya Miranda Houtenbos (26). Wanita Belanda autochtoon (pribumi) ini memilih memeluk Islam setelah gencarnya kampanye Islam teroris pasca peristiwa 11/9. Publikasi negatif yang dikaitkan dengan Islam itu malah mendorong Miranda ingin tahu dan mulai membaca sumber-sumber tentang ‘agama asing’ ini.

“Saya lebih suka membaca daripada mendengarkan media,” kata Miranda dalam siaran live radio Nederlands Islamitische Omroep (NIO), seperti juga dikutip IslamOnline. Radio NIO mulai on air pada 4/9/2005 di gelombang 747 AM dan memiliki misi untuk menghapus pengertian keliru tentang Islam. Selain itu radio ini juga diudarakan sebagai media alternatif atas Nederlandse Moslim Omroep (NMO), yang dinilai tidak representatif terhadap kepentingan Islam. Kepada NIO Miranda mengisahkan, bahwa upayanya membaca sumber-sumber tentang Islam juga terbantu oleh teman-teman muslimnya, yang bersedia memberinya buku-buku tulisan ulama-ulama terpercaya.

“Hal itu juga berkat masjid terdekat, di mana imamnya telah menjawab pertanyaan-pertanyaan saya,” ungkap Miranda. Miranda mengisahkan bahwa keputusannya beralih ke agama Islam karena pilihan dan dorongan dari dalam dirinya sendiri. “Setiap orang berhak untuk memilih agamanya sendiri dan saya telah memilih Islam,” ujarnya.

Namun pilihannya tersebut menimbulkan konsekuensi tersendiri. Miranda mengalami masalah dengan keluarganya berkaitan dengan agama barunya itu. Mereka berusaha keras untuk meyakinkannya agar mengurungkan keputusannya itu. “Tentu saya merasa terasingkan dari keluarga saya dan orangtua saya menolak untuk menerima kenyataan baru ini,” demikian Miranda. Jumlah pemeluk Islam di Belanda diperkirakan saat ini sekitar 1 juta orang dari total 16.321.789 penduduk. Berapa jumlah orang Belanda asli yang beralih ke agama ini sulit ditemukan angkanya.

Data Centraal Bureau voor de Statitiek (Biro Pusat Statistik) tidak mengklasifikasikan atau mendata agama penduduk. Dua tahun lalu (28/10/2003), salah satu harian terkemuka Algemeen Dagblad (AD) pernah menurunkan laporan satu halaman mengenai tren banyaknya orang Belanda asli yang memeluk Islam seusai peristiwa 11/9.

Di bawah judul utama Steeds Meer Nederlanders Bekeren Zich tot Islam (Semakin Banyak Orang Belanda Masuk Islam), AD mengungkap bahwa para pemeluk baru Islam tersebut berasal dari kalangan terpelajar. (es/)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: