SMA 1 Padang Panjang Pencetak Hafiz Qur’an

Assalamualaikum Wr.Wb,
Terharu saya membacanya, ini luar biasa, anak-anak SMA puluhan sampai 55 orang bisa menjadi Hafidz. Iri rasanya melihat keseriusan mereka. Sebuah teladan yang sangat mengagumkan.

Wassalam,

Abu Izza Adduri

Setelah sukses dengan gerakan wajib berpakaian muslim/ muslimah di seluruh sekolah Negeri dan Swasta, kini muncul pula gerakan menghapal (Hafiz) al-Qur’an di sekolah.

Hidayatullah.Com–Sejak era kejayaan kaum Paderi dimotori ulama Wahabbi masa silam hingga hari ini, ranah Minang (Sumatra Barat) memiliki cara dan keunggulan tersendiri dalam membumikan syariat Islam.

Bukan Pesantren atau Madrasah pelopornya. SMA 1 Padang Panjang adalah sekolah Negeri yang dinilai sukses menjadi sekolah percontohan bagi sekolah lainnya di Sumatra Barat dalam program menghafal (Hafiz) al-Qur’an. Sabtu lalu, sebanyak 105 siswanya telah dikhatam (Khifzul) Qur’an. Ini merupakan ‘wisuda’ ketiga bagi penghafal al-Qur,an di SMA Negeri 1 Padang Panjang, ‘wisuda’ pertama diikuti 55 hafiz.

“Kegiatan khatam penghafal al-Qur’an dua tahunan sekali ini, membuktikan bahwa SMA N 1 Padang Panjang pantas menjadi contoh bagi sekolah lainnya,” kata Kepala Dinas Pendidikan Prov.Sumbar Drs. Busharman dan Wawako Padang Panjang, Ir. H. Edwin, Sp pada khatam khifzul Qur’an itu. Beginilah yang seharusnya diterapkan diberbagai sekolah lainnya di Sumbar.

H. Edwin menyatakan salutnya kepada siswa-siswa SMA 1. Dari penelitian Kepala Sekolah Drs. Ridwan Idma, M.Pd, terbukti para siswa penghapal al-Qur’an di SMAN 1 Padang Panjang juga berprestasi di bidang pendidikan umum lainnya. “Ini membuktikan bahwa Hafiz Qur’an memiliki korelasi dan bukanlah sebagai halangan untuk memperoleh prestasi di bidang lain”, ujarnya.

Burhasman menyebutkan bahwa Hafiz Al-qur’an merupakan sebuah fenomena atau mukjizat yang bisa dirasakan. Diceritakannya bahwa dengan Hafiz Qur’an ini pula sembilan tahun silam, seorang anak berusia tujuh tahun bernama Hasan Taba’I dianugerahi gelar doktor honoris clausa karena ia hafal Al-qur’an, bisa mengartikannya bahkan ia mampu menjawab segala persoalan dengan ayat-ayat Al-qur’an.”SMA N 1 Padang Panjang sebagai salah satu sekolah unggul di Sumbar, ternyata eksistensinya tidak hanya sekedar kepada kemampuan intelektual pendidikan, namun juga sarat dengan bekal-bekal spiritual.”

Wakil Walikota Padang Panjang, Ir. H. Edwin, Sp menyebut kegiatan Khifzul Qur’an merupakan aktifitas positif dalam memanfaatkan waktu, apalagi Kota Padang Panjang sudah lekat dengan julukannya sebagai Kota Serambi Mekah dimana kehidupan yang Islami telah dijadikan landasan utama pembangunan dalam mewujudkan visi kota Padang Panjang.

Apresiasi juga diberikan pemerintah propinsi Sumbar melalui Gubernur yang menyatakan dukungan penuhnya untuk kegiatan ini. Melalui Kepala Biro Bina Sosial Budaya Pemprov, Drs. Abdul Gaffar, M.Si, Gubernur Sumbar berharap SMA Negeri 1 Padang Panjang dapat jadi contoh.
[do/www.hidayatullah.com]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: