Diskusi Kalangan Muda NU Ttg JT

Sumber http://forum.nu.or.id/viewtopic.php?f=4&t=331&st=0&sk=t&sd=a

Jama’ah Tabligh

Postby CakWakid on Wed Aug 20, 2008 12:05 am

Pernah ketemu ‘orang-orang yang suka melakukan khuruj’ ? Katanya, mereka gemar meninggalkan anak dan istri selama berbulan-2 tanpa meninggalkan bekal ma’isyah. Jika datang ke suatu masjid mereka intensif mengajak shalat berjamaah. Walaupun rajin berceramah, fokus ceramah mereka hanya tentang iman dan amal shalih. lebih mengajak orang aktif bagaimana membangun tradisi sunnah dalam ibadah dan muamalah. Jika diajak jidal /debat, biasanya mereka memilih diam dan mendengarkan orang lain berbicara. Dan beberapa saat sebelum meninggalkan suatu kampung, mereka duduk membentuk lingkaran. Lalu mereka berdoa.
Begini bunyi doanya, “Ya Robb, janganlah Kau jadikan kebodohan kami sebagai sebab timbulnya kemudharat bagi kampung ini dan penduduknya. Jadikanlah kami sebagai sebab turunnya hidayah-Mu bagi tempat ini. Bukalah hati mereka dalam menerima hidayah-Mu. Lembutkanlah hati mereka menerima risalah Nabi-Mu. Jika tidak Kau turunkan hidayah di tempat ini, kasihan ya Rabb, bagaimana nasib anak cucu mereka nantinya…”

Mereka dikenal dengan sebutan jama’ah tabligh, sebuah gerakan ijtihad da’wah. Tentu saja mereka juga ada kekurangannya, sama halnya seperti harakah lain. Ke-syumul-an dan kemuliaan Islam memang terlalu hebat untuk hanya diwakili oleh satu harakah saja. Sama seperti kehebatan Nabi, hanya bisa diwakili oleh para sahabat bersama-sama.

Sayangnya, sejauh ini kita lebih gampang untuk menilai, mengkritik, dan menjelekkan sebuah harakah dakwah lain, daripada menyayangi mereka sebagai saudara sendiri. Apalagi mendekati mereka, membantunya memperbaiki diri. Namun itu bukan sesuatu yang tidak bisa kita lakukan…

Re: Jama’ah Tabligh

Postby Ridwan on Tue Sep 02, 2008 1:21 am

Perkara NU dan Jemaah Tabligh
Kalau memang JT jauh dari Ahlu Sunnah, kenapa banyak kiyai NU yg tertarik dengan pergerakannya dan mengikuti usahanya (JT)?

Kyai Mahmud dan Gus Uzairon dari Temboro Magetan
Kyai Mahmud dan Gus Uzairon dari Temboro,Dulunya mereka ini adlah kyai Nu yang sangat di hormati dan sekarang setelah aktif di jamaah tabligh semakin kharismatik dan dihormati. Pesantren al fatah yang sekarang di kelola gus uzairon pun merupakan pesantren besar dan di kenal seluruh Dunia.

KH Abdul Halim dari pesantren al wihdah sragen, Gus Wahid dari Malang, Gus Malik dari sumenep madura, Gus mujib dari lumajang

Nama2 kiyai tersebut diatas adalah Kiyai2 terhormat lagi berilmu dikalangan NU yang sekarang aktif dalam gerakan kerja dakwah yg dicetuskan maulana Ilyas,

Sekarang pertanyaan saya, apa menurut cak wakidd kiyai2 itu kurang ilmu sehingga tidak mengetahui kalau JT itu melakukan keghuluwan? jauh dari sunnah? ahli bid’ah dolallah?

Cak wakid sudah pernah ikut dan melaksanakan Khurujj??? kalau belum saran saya jangan berkomentar bahwa JT jauh dari sunnah disini yg cenderung berfitnah!!..dan kalau memang tidak ada pernyataan pro ataupun kontra tidak sehausnya membawakan berita yg kontra saja.. :)

Ridwan

New Member

Posts: 10

Joined: Tue Sep 02, 2008 12:24 am

Top


Re: Jama’ah Tabligh

Postby Ridwan on Tue Sep 02, 2008 1:23 am

PErkara Ghuluw
Coba definisikan lebih terperinci mengenai ghuluw disitu.. :)
Apakah melakukan sesuatu yg tidak dilakukan oleh Rasul SAW selamanya buruk???bagaimana dengan Adzan yg ada di Masjid anthum? tahu riwayatnya? apakah Adzan yg dipakai sekarang itu berasal dari Rasul SAW?

Pernah dengar sebuah riwayat saat RAsulullah SAW. ruku dalam sholat jemaahnya? siapa yg melafaskan Robanna walakal hamdu.pertama kalinya? apakah ini diajarkan oleh Rasulullah SAW?dan bagaimana dengan al Qur’an antum yg berbentuk buku/kitab? kita semua mengetahui dahulu yg bernama al Qur’an itu berbentuk Mushaf/Shuhuf, sekarang kenapa anthum menyimpan dirumah berbentuk buku/kitab? apakah itu tidak dikatakan Ghuluw/Bid’ah?

Kalau memang Kiyai yg menyatakan semua Bid’ah dan Ghuluw itu buruk amat sangat munafik kiyai itu apabila membaca al Qur’annya yg berbentuk kitab dan saya persilahkan kiyai yg berfatwa tersebut untuk merobek2 kitabnya yg berbentuk Buku agar lebih sunnah lagi kepada Mushaf dan terhindar dari sifat Munafik! kaerna memang perbuatan dengan sumpah/fatwanya sangat berbeda!, dan jangan pernah kiyai itu ruku berdo’a dengan Robanna walakal hamdu karena memang doa ini bukan berasal dari RAsululah SAW, dan dan jangan pernah sampai ada adzan menggunakan lafadz yg berasal dari mimpi Abdullah bin Zaid bukan dari Rasulullah SAW.

sekarang siapa yg berani dakwah dan berfatwa/bersumpah tanpa ilmu sebenarnya dan siapa yg sumpahnya/fatwanya telah ghuluw dari RasulNya sendiri disini?apa Rasulullah mengatakan Abdullah bin Zaid telah Ghuluw dengan mimpi Adzannya? JT atau Kiyai dengan fatwa sembarang dan cenderung Su’udzon itu yg berbuat ke Ghuluwan?Sumpahnya melebihi perilaku RasulNya sendiri!

Ridwan

New Member

Posts: 10

Joined: Tue Sep 02, 2008 12:24 am

Top


Re: Jama’ah Tabligh

Postby Ridwan on Tue Sep 02, 2008 1:25 am

Apakah Istri/keluarga JT merasa ditinggalkan dan ditelantarkan?
Siapa yg mengatakan ini?berarti sama saja dengan menfitnah saya?saya mempunyai IStri dan keluarga yg bahagia disini…apa buktinya pernyataan ini?

saya punya bukti online seorang Istri dari jemaah yang dengan senang hati mendorong suaminya serta Ikhlas dalam ikut serta bersama Khurujj fisabilillah..klik link dibawah ini.. untuk menuju tulisan seorang IStri dari JEmaah tabligh yang berhijjab cerdas lagi sholehah ini:
Mengapa RAGU utk “KHURUJ fi SABILILLAH” —> http://www.friendster.com/group-discussion/index.php?t=msg&th=2072045&start=0&
Yaa Alloh , bantu aku BERHIJAB karena MU! —> http://www.friendster.com/group-discussion/index.php?t=msg&th=2129664&start=0&
KEMULYAAN RUMAH SEORANG MUSLIM —> http://www.friendster.com/group-discussion/index.php?t=msg&th=2096257&start=0&

Sekarang apaka pantas bila seorang JT dikatakan meninggalkan/menelantarkan Istrinya dengan bukti tulisan2 itu?
Saya nyatakan bahwa program JT meninggalkan Keluarga dan Istri adalah fitnah yg secara terang berani dinyatakan bersama sumpah/fatwa seorang kiyai yg merasa paling hebat sunnahnya!

Ridwan

New Member

Posts: 10

Joined: Tue Sep 02, 2008 12:24 am

Top


Re: Jama’ah Tabligh

Postby Ridwan on Tue Sep 02, 2008 1:27 am

Mengenai tukilan kitab terhadap Maulana Ilyas
Ini adalah perkara yg jahat sekali, karena memang maksud dan tujuan dari penyampaian dari maksud tulisan itu tidak disampaikan (dipotong!!!), ini sama saja dengan suatu kaum yang memotong kitab sirah nabawiyah demi untuk memberikan fatwa bahwa Abu bakar ra. dan umar ra adalah pantas untuk dilaknat dan dibenci.

silahkan anda tabayun sendiri dengan kitabnya jangan hanya mendengar pernyataan dan sumpah seseorang Kiyai yg telah Ghuluw dari Rasulullah SAW tersebut!!!

Sekali lagi kalau memang anda tidak pro ataupun tidak kontra daripada membawakan berita yg tidak jelas cenderung fitnah dari berita2 yg kontra lebih baik anda banyak diam, banyak membaca dan tabayun lagi dengan JT, saya kira amat bijaksana itu dilakukan oleh umat Rasulullah SAW saat ini. saya telah menyediakan fasilitas tabayunnya secara online yg Interaktif (dialog bukan monolog)!!!
http://www.friendster.com/group-discussion/index.php?t=thread&frm_id=1785450&, disini jumlah karakternya terbatas, disitu lebih bebas dan banyak yg bisa menjelaskan..

Subhanallahi wabihamdika ashadu ala ilaha ila anta astagfiruka waatubuhu ilaik
wabilahi taufiq wal hidayah, wassalamualaik’ warahmatullahi wabarakatuh..

Ridwan

New Member

Posts: 10

Joined: Tue Sep 02, 2008 12:24 am

Top


Re: Jama’ah Tabligh

Postby Ridwan on Tue Sep 02, 2008 1:35 am

CakWakid wrote:Pernah ketemu ‘orang-orang yang suka melakukan khuruj’ ? Katanya,

Hendaknya jangan sekali2 membawakan berita yg hanya berdasarkan “katanya”, ini jauh dari ilmu pengetahuan, dan seharusnya kalau memang ingin bertanya dan mengajak dialog bukan seperti ini versi tulisannya!!…

Ridwan

New Member

Posts: 10

Joined: Tue Sep 02, 2008 12:24 am

Top


Re: Jama’ah Tabligh

Postby yoeth on Tue Sep 02, 2008 10:10 am

PR-nya Cak Wakid banyak nih….

yoeth

Master Members

Posts: 730

Joined: Fri Jan 25, 2008 9:00 am

Top


Re: Jama’ah Tabligh

Postby CakWakid on Tue Sep 02, 2008 1:06 pm

mas Ridwan,

Tks atas tanggapan paparan saya tentang ‘jamaah Tabigh’, saya tidak berpanjang lebar menjawab semua uneg2 mas Ridwan diatas. Cukup saya mengulangi postingan saya di TS ini sbb. : Sayangnya, sejauh ini kita lebih gampang untuk menilai, mengkritik, dan menjelekkan sebuah harakah dakwah lain, daripada menyayangi mereka sebagai saudara sendiri. Apalagi mendekati mereka, membantunya memperbaiki diri. Namun itu bukan sesuatu yang tidak bisa kita lakukan…
Terserah mas Ridwan menilai saya itu bagaimana itu hak sampean……………

CakWakid

Senior Members

Posts: 342

Joined: Tue Aug 19, 2008 4:02 pm

Top


Re: Jama’ah Tabligh

Postby AGUNGP on Tue Sep 02, 2008 1:36 pm

Terima kasih Pak Ridwan Atas Penjelasannya.

Bukannya saya Ingin Mengadu, kita harusnya Tabayun Oleh Mereka yang benar2 telah Khuruj, dan apa yang disampaikan saudara Ridwan.
walaupun dia tidak bisa mewakili Pemikiran Maulana Ilyas, semua saya kira lebih layak Pak Ridwan Menggambarkannya dibanding Cak Wakid.

Untuk Cak Wakid mari sama2 hisab diri kita masing2.

7 Tanggapan

  1. ass. jamaah tablig adalah mengajarkan orang utk melaksanakan perintah Allah dan Rosulnya secara sempurna. (kaffah).tidak lebih tidak kurang.satu satunya komunitas islam yang ada markasnya diseluruh dunia termasuk ISRAEL.l

  2. Selama ana aktif di JT membentuk pribadi ana lebih hati2 dlm setiap aktifitas, kalopun ada yg aneh2 itu lebih kpd personnya soalnya ana pernah serombongan dg org yg aneh mungkin saking semangatnya ampe lupa dg diri sendiri, kl menerutku inilah romantikanya dakwah yg penting saling mengingatkan dg ma’ruf & beramal semata-mata mengharap ridho Alloh SWT semata(salam tuk KARKUN MALANG AKHI ZAENAL JENGGOT,UST.KHUSNUL,GUS CHAIDAR,GUS WAHID,GUS SYAFI’,UST. SOFYAN NUR AL MAKKIY,P.MOKSIN,P.YASA’,UST.ARIF & kawan2 semua yg tak bs kusebutkan satu per satu s’moga Alloh SWT meneguhkan langkah kita diatas Al-Qur’an & Sunnah dalam dakwah yg mulia ini amin)

  3. kali kalau gak ada orang yang khuruj ke Indonesia ninggalin anak istrinya dan tanah airnya pada jaman dulu, mungkin cak wakid sekarang masih nyembah patung atau nyembah pohon. Makanya agama islam pertama kali gak di turunkan sama orang jawa, sunda, eropa, melayu, dll. Kalau di turunkan sama orang jawa gak nyebar, agama yang mulia ini pertama diberikan sama orang arab. Kenapa? karena pada jaman itu orang arab itu kalau bepergian berdagang tahan ber bulan2, bahkan ber tahun2 ninggalin anak bini dan tanah airnya. Hanya pada manusia2 seperti inilah agama bisa dititipin, bukan yang suka ngendon di ketiak bini. Gimana sih cak wakid ini ilmunya koq dangkal banget alias cuma di permukaan aja, alias kuliatnya doang, alias cuma harfiah aja (tulisannya aja) isinya nol.
    Jaman Nabi gak ada sekolahan, gak ada madrasah coy, apalagi NU, muhammadiyah, boro2 partai, tapi orang2nya pada pintar2,imannya bagus2, akhlaknya pada luar biasa .
    emang ada nabi yang gak khuruj?
    emang ada sahabat yang gak khuruj?
    kalau cak wakid gak ikut khuruj yang senang paus di vatikan sono.
    emang udah berapa ribu orang kafir yang cak wakid islam kan?
    jangan2 baca bukunya salah nih karangan orientalis barat kali. kan banyak buku2 islam kita karangan orang2 yahudi,barat. hati2 lho.
    Masa sih jaman Islam sedang di gempur habis2an sama barat,yahudi&kristen saat ini ada yang komentar macam2.
    ah entar di cari2 lagi dalilnya untuk pembenaran diri.
    Cuma orang yang imannya lemah aja yang memiliki rasa takut. Takut lapar, takut anak istri gak makan, takut berpisah…takut…taku….takut….Islam dititipin sama orang kayak gini ya gak jalan lah.
    Hayo sana cak wakid keluar sana 4 bulan jalan kaki biar jadi orang islam, jangan ngaku2 doang Islam

  4. ngapunten cak wakid, bukan abdul wahid
    nabi ibrahim khuruj 13 tahun meninggalkan nabi ismail yg masih bayi dan istrinya di tengah padang pasir, di lembah baqo’, lembah kematian. tidak ada tanda2 kehidupan disitu. hnaya ditinggali bekal utk 3hari
    allahu akbar, subhanallah, sebab khurujnya nabi ibrahim ini, setiap tahun jutaan orng pergi haji dan umat islam berkorban utk mengikuti milahnya nabi ibrahim

  5. coba cak wakid belajar sama2 dengan orang2 khuruj ,, skarang2 ini di zaman ini jarang lho orang yg mau berkorban untuk agamanya ALLOH apalg musti hrs ninggalin rumah ,, jangankan istri yg hrs di tinggalkan ,rumahmu aja tinggalin dalam 3hr pasti banyak yg bilang ga mauuu ,padahal rm dan smua izi dunia ini ga di bawa mati cak , gak perlu kluarin dalil atau ayat2 yg izinya ampuh itu tidak akan merubah niat untuk dakwah maka dari itu,,kita smua jg masih dalam tahap belajar dan belajar , orang yg belajar dan bs mengerti itu aja musti dateng ke sekolah , apalg ini ilmu ALLOH cm cak wakid bayangin dan bicarain aja kaga jalan pak , itu cak wakid hrs faham ,,,,,,,, katanya yakin atas ilmu ALLOH buktikan dan berkorbanlah demi agama ALLOH ,, pasti akan ada hasinya insya ALLOH cak wakid nanti akan faham dan tau kenikmatanya amalan ini ,,, nikmatnya banget deeeehhhhhhhh pokoknya ,, untuk smua karkun taskil terus cak wakid ini biar hidayah turun di hatinya INSYA ALLOH smua ambil bagian .

  6. aamiin,……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: